Warung Bebas

Rabu, 26 September 2012

Sebarkan Nilai - Nilai Edukasi Lewat Film

"Generasi kita nggak mempan diberi tulisan, kita ini generasi get philosophy in the movie," kalimat yang berasal dari kutipan film indie berjudul Cinta ini mungkin ada benarnya. Generasi muda kotemporer cenderung lebih memilih nonton film ketimbang membaca buku atau tulisan.


Kondisi ini dipahami betul oleh Pragola Film, komunitas pembuat film dari Kecamatan Winong, Pati. Komunitas ini didirikan sekelompok anak muda yang bertujuan menyebarkan nilai - nilai edukasi dalam setiap karya mereka.

"Berangkat dari keprihatinan atas miskinnya kreativitas, saya dan teman - teman iseng mendokumentasikan sejarah Desa Pekalongan, Kecamatan Winong. Hasil dokumentasi tersebut lalu dikembangkan menjadi sebuah film fiksi. Pertimbangannya, film ini bisa digunakan sebagai media untuk menjaga dan mengenalkan sejarah desa," kata Ketua Pragola Film. Pendi Sukarji, beberapa waktu lalu.

Selain itu pembuatan film juga ditujukan untuk mengembangkan potensi teknologi pada generasi muda, di tingkat SMP dan SMA agar tidak terjebak pada penyalahgunaan teknologi ke arah yang negatif. Sejak berdiri pada tahun 2008, Pragola Film telah menghasilkan lebih dari 20 film dengan bermacam genre. Mulai dari fiksi, dokumenter, profil, iklan, hingga pembuatan video klip.

Karena padatnya kegiatan ditambah minimnya personel, Pendi akhirnya menggandeng Teater Al Falah dari SMK Al Falah, Winong dan Teater Angan dari SMPN 1. Sementara, pengetahuan pembuatan film, mereka dapatkan dari pelatihan yang diberikan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pati.

Dalam prosesnya, penataan gambar dan penyuntingan lebih banyak dilakukan anak - anak . "Kalau butuh pemain dewasa, biasanya kita membuat casting, kalau ada orang tua siswa yang mau, kami pasti mengutamakan mereka," katanya.

Diakuinnya, peralatan pembuatan film yang dimiliki Pragola dan 'teman - teman' teaternya sangatlah minim. Mereka harus menyewa kamera setiap pembuatan film, pun demikian dengan perlengkapan lain yang mereka buat ala kadarnya. Namun, itu semua tidak menghalangi kreativitas komunitas ini. Terbukti sejumlah karya mereka mampu meraih prestasi di tingkat lokal maupun nasional.

Diantara karya mereka adalah film Kirab dari Teater Falah yang meraih juara III nasional pada Festival Film Pelajar di IKJ dan Film Kerudung Putih, Teater Angan yang sukses meraih juara III pada festival film Jawa Tengah. "Jika film anak - anak dapat mengangkat nama Pati, itu konsekuensi logis dari usaha yang mengedepankan kerja keras," kata Pendi yang juga guru Seni Budaya di SMK Al Falah.

0 komentar em “Sebarkan Nilai - Nilai Edukasi Lewat Film”

Posting Komentar

 

DEWASA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger