Warung Bebas

Jumat, 17 Agustus 2012

Saat Mudik, Jangan Lupa Mengamankan Rumah

Pulang kampung halaman dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan keluarga maupun sanak keluarga saat Lebaran. Tak Jarang, penghasilan setahun ludes hanya untuk mudik dan merayakan Idul Fitri. Namun tetaplah waspada, jangan sampai barang - barang berharga di rumah turut ludes saat kondisi kosong ditinggal ke kampung halaman.


Risiko ludesnya barang - barang berharga itu bisa terjadi karena 'dikuras' pencuri atau tak menutup kemungkinan terjadi kebakaran. Maka, tak ada salahnya bila anda dapat memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman saat ditinggal mudik. "Kunci seluruh pintu dan jendela. Jika ada tetangga yang tidak mudik, bisa menitipkan pengamanan rumah kepada tetangga itu. Matikan atau cabut seluruh peralatan listrik dan elektronik untuk menghindari korsleting listrik dan kebakaran," kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Elan Subilan, Rabu (15/8)

Menurut dia, masyarakat perlu berhati - hati bila berencana mudik dalam waktu lama. Bila ada sepeda motor yang ditinggal di rumah, sebaiknya dimasukkan ke dalam rumah. Bila mobil yang ditinggal di rumah, sebaiknya diparkir rapi dan aman di garasi, serta ditambahi kunci pengaman ganda. "Rumah yang ditinggal mudik riskan disatroni pelaku kejahatan. Kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memperketat pengamanan di perkampungan atau perumahan. Petugas yang disiagakan bertugas 24 jam non-stop," tambah Elan.

Dia menjelaskan, pihak kepolisian dari Polrestabes Semarang menerjunkan sekitar 3.000 personil untuk pengamanan Lebaran. Dari jumlah itu, sebanyak 1.300 diantaranya adalah personil yang khusus ditugaskan melakukan pelayanan dan pengamanan dalam rangka Opersai Ketupat Candi 2012. Mereka fokus bertugas di jalan raya, mal, masjid, tempat rekreasi. "Sedangkan 1.700 personil lain bertugas menjaga objek - objek vital, dan berpatroli menjaga rumah - rumah yang ditinggal mudik pemiliknya."

Sementara itu, upaya mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dan berhati - hati saat mudik Lebaran dilakukan Unit Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polrestabes Semarang dan Association of Event Organizer Company (AEOC) Semarang. Peringatan "mudik aman saat Lebaran" itu dilakukan dengan pemasangan spanduk - spanduk imbauan di sejumlah titik dan di perkampungan, Rabu (18/5).

Kegiatan itu dipimpin langsung Kasat Binmas Polrestabes Semarang, AKBP Nengah, dan Ketua AEOC, Shafigh. "Kami mewajibkan seluruh petugas Babinkamtibmas yang ada di setiap kelurahan untuk patroli dari satu rumah ke rumah lain di wilayahnya. Pengamanan tetap kami lakukan maksimal, tetapi masyarakat hendaknya tetap meningkatkan kewaspadaan," kata Nengah.

Sementara itu, Shafigh menambahkan, pemasangan spanduk imbauan kepada pemudik ini dipasang di terminal, stasiun, pusat perbelanjaan, jalan protokol, dan titik - titik strategis lain. Langkah itu, menurut Shafigh, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat supaya dapat menjadi "polisi" bagi dirinya sendiri.

0 komentar em “Saat Mudik, Jangan Lupa Mengamankan Rumah”

Posting Komentar

 

DEWASA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger