Warung Bebas

Minggu, 13 Mei 2012

Berbagi Rekaman Suara & Musik Di Soundcloud

Menakjubkan! Saat mengeklik tanda 'play' berwarna oranye di sisi kiri layar, dengan cepat dan begitu ringan grafik suara berjalan dan musik berjudul Moves Like Jagger (Maroon 5) pun dimainkan, meski koneksi internet yang digunakan terbilang pas - pasan.


Alunan gitar akustik dengan lembut terdengar kemudian suara Juan Bran Vandolf Sawamoto Vargas alias Bran Vargas, 25, menyanyikan lagu berdurasi 4 menit 7 detik itu datang dengan merdunya. Silahkan dengarkan dan coba disini Soundcloud.com.

Sama seperti Bran, anda pun bisa bebas share berbagai suara kreasi anda, baik efek maupun musik. Seperti halnya jejaring sosial, suara yang anda share bisa dinikmati para pengguna souncloud di seluruh dunia. Respons langsung dari para pengguna lainnya melalui komentar dan tombol 'like' yang diberikan menjadi kepuasan tersendiri para penggunanya.

"Membagi karya kita ke orang lain dan mendapat respons langsung sangat menyenangkan. Kita pun bisa mendapat inspirasi dari berbagai suara yang diunggah pengguna lainnya," ungkap Bran di Jakarta, Rabu (9/5).

Mantan vokalis band Mary Jean itu sudah setahun memainkan aplikasi berlambang awan oranye itu. Saat ini terdapat 23 lagu yang ia unggah. Biasanya ia merekam suara di Macbook atau Ipadnya, kemudian membaginya. Kebanyakan merupakan hasil eksperimennya menyanyikan lagu penyanyi lain. Beberapa lagu bahkan diunduh 100 pengguna lebih.

Bran hanya satu dari sekian banyak pecinta aplikasi tersebut. Soundcloud memang tak hanya diperuntukkan bagi para penyanyi. Siapapun bebas memasukkan berbagai eksperimen jenis musik, mulai dari alternative, dance, electronic, rock, pop, hingga instrumental, atau juga ucapan. Bahkan anda bisa mengunduh lagu dari artis kesukaan anda.

Aplikasi ini juga terhubung langsung dengan Facebook, Twitter dan Google+ sehingga anda tidak perlu mendaftar.

Jika ingin mengunggah dan berbagi suara, anda bisa merekam langsung di aplikasi itu, atau mengunggah hasil rekaman yang sudah jadi. Pengguna memiliki kuota gratis 90 menit suara. Jika unggahan melebihi durasi itu, akan dikenai biaya tertentu.

Jika ingin tetap gratis, anda bisa menghapus beberapa suara lama anda dan menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mengatur setting, apakah suara yang anda unggah boleh diunduh atau tidak oleh pendengar lainnya.

Bagi mereka yang lebih suka mendengar hasil kreasi di soundcloud, cukup masuk ke situs tersebut di www.soundcloud.com. Kini juga tersedia aplikasi soundcloud untuk Blackberry, Iphone, dan Android anda. Hanya dengan mengetik 'nama penyanyi' yang ingin anda dengar atau mengeklik 'eksplore track', suara paling favorit atau yang mengantongi komentar terbanyak akan terlihat.

Anda bisa mengunduhnya. Untuk membuka file pun terbilang cepat, karena berbentuk audio. Berbeda dengan Youtube yang berbentuk video dan audio sehingga memakan waktu lama.

Suara dipercaya memiliki kekuatan yang besar. Hal itulah yang melatar belakangi desainer suara sekaligus CEO Alexander Ljung and Erick Wahlforss menciptakan aplikasi jejaring sosial berbagi suara tersebut. Ljung, seperti yang dilansir Mashable, Sabtu (5/5), mengatakan manusia lahir dengan penglihatan yang tidak sempurna, tetapi dengan pendengaran yang sempurna.

"Kami semakin dekat ke titik di kala teknologi akan membantu kita untuk tidak tuli online. Suara akan lebih besar daripada video," ungkap Ljung dalam presentasinya di panggung mashable, Orlando, Amerika Serikat.

Suara memiliki kekuatan dan peranan yang lebih besar ketimbang video yang saat ini menguasai dunia jejaring. Suara, papar Alexander, merupakan hal yang mampu di konsumsi secara pararel. Orang - orang menghabiskan waktu yang lebih lama dengan mendengarkan suara ketimbang menonton video.

Suara pun mampu membawa emosi yang lebih ke dalam diri manusia. Kemajuan teknologi membuat kemajuan suara pun menjadi lebih mudah dan sederhana. "Kami sering berpikir Soundcloud 140 kali lebih sederhana daripada Twitter, dan suara adalah kunci hidup kita," tambahnya.

Saat ini, aplikasi yang berdiri pada 2007 itu tengah marak di Eropa dan Amerika. Tidak dipungkiri, video memang masih mendominasi web. 60 jam video diunggah di situs Youtube per menitnya. Namun, Souncloud mulai mencuri perhatian dengan pertumbuhan yang cepat. Saat ini tercatat sekitar 1 juta pengguna baru perbulan dengan total 14 juta pengguna yang sudah terdaftar. Di Indonesia, baru satu tahun terakhir Soundcloud mulai digandrungi.

"Kalau Instagram berbagi foto dan Twitter dengan status, ini fokus berbagi suara. Karya kita di dengar dan dapat feedback langsung dari pengguna lain, yang bikin ketagihan memainkannya," ungkap Mario Ginanjar, salah satu pentolan Kahitna yang juga menyukai aplikasi tersebut.

Mario memiliki sembilan lagu kreasinya yang diunggah ke Soundcloud. Tak hanya mario, beberapa artis lokal maupun internasional pun mengunggah hasil eksperimen musik mereka.

0 komentar em “Berbagi Rekaman Suara & Musik Di Soundcloud”

Posting Komentar

 

DEWASA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger