Warung Bebas

Jumat, 16 November 2012

Persaingan Ketat Smartphone di Kelas Premium

Pasukan Android tidak hanya menggempur pasar gadget kelas menengah ke bawah. Berbagai produk telepon pintar maupun tablet juga bersaing ketat memenangkan pasar di kelas premium.


Samsung misalnya. Perusahaan multinasional asal Korea Selatan yang didirikan oleh Lee Byungcul itu telah meluncurkan pasukan Galaxy yang dipersenjatai dengan berbagai versi Android. Sebut saja Samsung Galaxy Note, Galaxy SIII, Galaxy Tab, Galaxy Ace, Galaxy W, Galaxy Nexus, dan lain sebagainya.

Sejumlah gadget Samsung yang merambah kelas premium tersebut dilepas dengan harga di atas Rp 4 juta. Harga tinggi memang bisa menjadi jaminan. Untuk varian Galaxy Note, dan Galaxy Tab, Samsung telah membenamkan sistemoperasi (SO) Android 2.3 Gingerbread hingga Android 4.1 Jelly Bean dan kamera 3-8 megapixel dengan autofocus (AF).

Galaxy Note I dibanderol sekitar Rp 6 juta, Galaxy Note II dibanderol sekitar Rp 7 juta, sedangkan Galaxy Tab dilepas dipasar seharga Rp 7 juta. Selain samsung, masih ada banyak lagi ponsel yang menduduki kelas premium berbasis Android. Huawei, perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi asal China, juga mempunyai Ascend P1 yang menggunakan SO Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan dilengkapi dengan dengan kamera 8 megapixel AF.

Ponsel itu dibanderol sekitar Rp 4,2 juta. Tapi, pada masa promosi, ponsel itu ditawarkan sekitar Rp 3,5 juta. "Wow, smartphone keren, harga spesial." Begitu tertulis dalam selebaran Huawei Ascend P1. Sabar Iman, pemilik gerai Sinar Mas Seluler di lantai dasar Plaza Simpanglima Semarang, menyatakan, Android telah merambah berbagai segmen pasar. Pengguna perangkat, baik ponsel maupun tablet Android, mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua, mulai pelajar hingga pebisnis.

"Anak muda, pelajar maupun mahasiswa biasanya lebih memilih ponsel daripada tablet. Tablet biasanya menjadi pilihan konsumen dari kalangan karyawan atau pegawai. Kalau pebisnis kadang malah pakai kedua - duanya. Yang menarik, tablet lebih banyak dicari daripada ponsel. Alasannya simpel, layarnya lebih lebar," ujar Sabar, Senin (12/11) lalu.

Sabar menyebut Samsung sebagai "jagoan" di pasar Android. Penjualan perangkat berbasis Android di gerainya didominasi merek tersebut. Menurut dia, Samsung Galaxy bersaing dengan Iphone yang harganya dibanderol Rp 10 juta. Fitur - fiturnya relatif sama, lanjut dia. "Bisa dibilang, cari Android ya Samsung. Banyak konsumen memilih Samsung karena suara bagus, gambar jernih, fitur komplit, dan internetnya bagus," kata Sabar.

0 komentar em “Persaingan Ketat Smartphone di Kelas Premium”

Posting Komentar

 

DEWASA Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger